ASUHAN KEPERAWATAN ANAK
DENGAN GANGGUAN BICARA (DELAYED SPEECH)
Perkembangan ucapan serta bahasa yang didapat diperlihatkan oleh seorang anak. Perkembangan bicara dan berbahasa merupakan petunjuk dini yang lazim untuk mengetahui ada atau tidak adanya disfungsi serebral atau gangguan neurologik ringan, yang kelak dapat mengakibatkan kesulitan-kesulitan tingkah laku dan kemampuan belajar. Bahasa dapat di rumuskan sebagai pengetahuan tentang sistim lambang yang dipergunakan dalam komunikaasi yang dilakukan secaara lisan (Nelson, 1994). Ucapan atau bicara adalah memperlihatkan pengetahuan tersebut dalam suatu tingkah kalu yang dapat didengar (Nellson, 1994).
Bahasa dapat dipandang secara dasar diatas mana kemudian di bangun kemampuan bicara tersebuut, yang mana keduanya akan berkembang dalam progresi yang beraturan. Bahasa berhubungan errat dengan kemampuan kognitif. Kemempuan bahasa dapat diperlihatkan dengan berbagai cara :
Dengan cara bagaimana anak terrsebut memberikan respon atas petunjuk-petunjuk lisan yang diberikan kepadanya, dengan gerrakan-gerakan yang diperlihatkan oleh anak yang bersangkutan untuk mengkomunikasikan kebuutuhan-kebutuhan, keinginan-keinginan serta pengetahuan tentang lingkungan yang berrada di sekelilingnya serta memulai permainan kreatif dan imajinatif yang di perlihatkan oleh anak itu (Nelson, 1994).
Kemampuan berbahasa merupakan indfikator seluruh perkembangan anak, emosi dan linkungannya.
Menurut NCHS berdasar atas laporan orang tua atas diperkirakan gangguan cicara dan bahasa pada anak sekitar 4-5% (diluar gangguan pendengaran serta celah pelatum). Deteksi dini perlu ditegakkan, agar penyebabnya dapat segera dicari, sehingga pengobatan serta pengobatannya dapat dilakukan seawal mungkin.
Bagan Kemampuan Bicara.
Otak bagian hemister
kiri untuk berbahasa
POHON MASALAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ASUHAN KEPERAWATAN ANAK “D” DENGAN
GANGGUAN BICARA.
Pengkajian : tgl 25-7-2001 Jam : 09.00 WIB.
I. IDENTITAS. Register : 10065001
Nama : An. D Kunjungan : I
Jenis kelamin : Laki-laki.
Tanggal lahir : 17-7-1998 .
Umur : 3 Tahun.
Anak ke : Tiga.
Identitas orang tua :
Nama : Ny. Suryani. Tn. Rahmad.
Umur : 31 Tahun. 35 Tahun.
Pendidikan : SLTA. SLTA.
Pekerjaan : Ibu rumah tangga. Wiraswasta.
Agama : Islam. Isalam.
Suku : Jawa / Indonesia .
Alamat : Ds. Sugio / Kec. Sugio, Lamongan
Dx medis : Developmental delay.
Sumber informasi : Orang tua.
II. ALASAN DATANG KE RS.
Anak umur 3 tahun belum bisa bicara.
III. RIWAYAT PENYAKIT SEKARANG.
Anak terlambat perkembangannya, bicaara tidak sempurna dan tidak lengakap. Hanya bisa mengatakan “moh, mam, mi” bila ingin sesuatu lebih senang menunjuk benda dari pada menyebutkan nama benda tersebut. Sampai saat ini anak belum bisa berjalan, hanya lima langkah cepat lalu jatuh.
IV. RIWAYAT PENYAKIT TERDAHULU.
Pada usia satu bulan pernah kejang deman dan dibawa ke S. sempat dirawat selama 2 minggu, dan selama 1 minggu dalam keadaan tidak sadar (namun tidak menggunakan sonde atau oksigen menurut orang tua). Setelah berusia dua tahun, anak dibawa ke dokter spesialis anak di daerah di beri obat-obatan untuk merangsang pertumbuhannya,. Sejak usia 6 bulan sampai saat sekarang kien belum bisa bicara, lebih senang diam dan hanya bersuara saat menangis atau ketawa saat kesenangan. Anak dapat mengerti dan menolehak bila namanya di panggil.
Riwayat Imunisasi.
Lengkap, pada usia 1 tahun (DPT, BCG, Polio, Hepatitis).
V. RIWAYAT PENYAKIT KELUARGA.
Nenek dari ibu penderita Diabetes Mellitus dan hipertensi adik dari ayah memilki riwayat gangguan perkembangan pada masa kecilnya namun menurut orang tua sudah sembuh setelah setelah berusia dewasa.
VI. RIWAYAT KEHAMILAN DAN PERSALINAN.
Kehamilan :
Pada usia kehamilan 8 bulan. Ibu pernah minum obat Mixagrip 1x kemudian di stop setelah tahu obat tersebut tidak baik untuk kehamilan.
Riwayat PEB saat kehamilan tidak ada
Persalinan :
Klien lahir di RS dengan bantuan bidan, lahir spontan letak kepala, langsung menangis keras, Cyanosis (-), BB lahir 30 gr, panjang (? : lupa).
Post natal :
Pertumbuhan klien menurut orang tua sama dengan anak normal sampai pada usia 4 bulan saat klien kembali demam kejang (“namun tidak sempat ngamar di RS”- menurut orang tua).
VII.PEMENUHAN KEBUTUHAN SEHARI-HARI.
· Nutrisi :
Pada saat bayi sampai usia 2 tahun minim Asi + Pasi, pada saat usia 4 bulan mulai diberi makanan tambahan makanan SUN sampai usia 8 bulan diganti TIM yang dicampur wortel, bayam, ati ayam. Umur 1 tahun makann bubur kasar sampai sekarang. Kebiasaan 3x / hari. BB saat in 10 Kg, TB : 47 cm.
· Eliminasi :
Bab : 1-2x/ hari, tidak ada masalah.
Bak : 5-6x / hari, tidak ada masalah.
· Istirahat dan tidur.
Kebiasaan bangun pagi jam 11.00 – 12.30, malam 21.00 – 15.30 WIB. Rata-rata jam tidur per hari 10 – 12 jam.
· Aktivitas :
Hanya bisa melangkah 5 langkah cepat lalu jatuh. Tangan kiri bengkok keluar (tonus otak ka / ki : 5/4) sehingga jarang dipakai untuk mengambil atau memegang. Bila ingin memegang sesuatu lebih senang berbahasa isyarat dengan menunjuk benda dan diminta mengambilkan. Namun menurut orang tua anak tampak mengerti bila disuruh melakukan sesuatu.
VIII. PERKEMBANGAN.
Tersenyum : usia 1 bulan
Menggerakkan kepala : usia 1 bulan
Mengambil mainan : usia 5 bulan
Tengkurap : tidak bisa
Merangkak: tidak bisa
Duduk : usia 6 bulan (dengan bantuan)
Berdiri : usia 9 bulan (dengan bantuan)
Berjalan : Mulai usia 3 tahun ( dengan bantuan )
Perkembangan bicara : mengoceh mulai usia 4 bulan
Perkembangan gigi : usia 6 bulan
IX. KEADAAN LINGKUNGAN.
Klien tinggal bersama orang tuanya dan seorang pembantu. Bila orang tua bekekerja atau sibuk klien diasuh oleh pembantu, atau neneknya bila ada. Menurut pengakuan orang tua merka tinggal di perumahan yang jarang anak kecilnya, pembantu juga tidak aktif melatih anak berbicara. Namun orang tua selalu berusaha secara aktif melatih anak.
X. PEMERIKSAAN FISIK.
1. Ukuran Pertumbuhan.
TB : 47 cm.
BB : 10 Kg.
Lingkar kepala : 50 cm.
Lingkar dada : 53 cm.
Lingkar lengan : 17 cm (kiri).
2. TTV : S : 37 oC.
N : 96 x / m, kuat, teratur.
RR : 24 x / m.
3. Turgor kulit elastis, perfusi jarungan < 3 detik, intak, keadaan bersih.
4. Kepala.
- Bak simetris, rambut lurus dan bersih, agak tipis, tanda-tanda perlukaan tidak ditemukan
- Mata : konjungtiva ≠ anemis, kornea bening, pupil isolor, sclera normal
- Hidung : Polip (-), deviasi (-), simetris ki-ka.
- Mulut : Stomatis (-), gigi lengkap, caries(-), mukosa lembab.
- Telinga : bentuk ki-ka simetris, peradangan (-), tinnitus (-).
- Leher : pergerakan ≠ ada gangguan, pembesaran (-), pembesaran V.jugularis (-), pembesaran kelenjar (-).
5. Dada :
- Bentuk simetris, nyeri tekan (-), perkusi sonor, suara abnormal (-), suara nafas vesikuler.
6. Cardiovaskuler
- Suara S1 S2 tunggal, murmur(-), irama reguler, pembesaran jantung (-).
7. Abdomen :
- Bentuk datar, kenyal, nyeri tekan (-), hepatosplenomegali (-), ginjal ≠ teraba, bising usus 10x / m, meteonismus (-).
8. Eksternal :
- Tonus otot 5/5/4/4
- Tangan kiri bengkok ke luar (lengan bawah ekstensi 90o ), tiddak dapat di pakai untuk mengambil sesuatu. Pergerakan tangan kiri bebas.
9. Urogenital : Ukuran, bentuk, fungsi : normal.
10. Anus : tidak terdapat kelainan.
XI. TES TUMBUH KEMBANG BERDASAR DDST MENURUT UMUR.
Hubungan Sosial : menatap muka, bermain dengan anak lain. belum dapat mengenakan baju, menggunakan sendok ( dengan tangan kanan), belum dapat membuka baju, dapat minum dengan gelas
Motorik halus : corat-coret di kertas, memindahkan mainan kubus di cangkir
Bahasa : Mengatakan “moh, mam, mi”, berteriak, menangis
Motorik kasar : berjalan 5 langkah lalu jatuh, tidak dapat berdiri sendiri, dapat bangkit untuk berdiri, dapat duduk tanpa pegangan
· Rencana pemeriksaan :
- CT- Scan.
- EEG.
- EMG.
· Terapi : Roborantia
ANALISA DATA
DATA | ETIOLOGI | MASALAH |
S : Ibu mengatakan anak usia 3 tahun belum bisa bicara. O : Anak tidak pernah menjawab bila ditanya, hanya memalingkan wajah dan diam. S : -. Ibu menanyakan apakah penyebab turunan bisa sembuh. - Ibu menanyakan apakah ada kemungkinan anak- nya bisa sembuh. O : - Ibu selalu berulang-ulang menanyakan hal yang sama .-Pertanyaan dijawab dengan ragu-ragu. | Stimulus lingkungan Cedera / gangguan pada otak Kerusakan bagian anterior 2 posterior Gangguan bahasa · Ekspresif. · Reseptik. Gangguan bicara Hubungan sosial Hubungan keluarga | Komunikasi verbal Cemas. Koping keluarga tak efektif. Kurang pengetahuan. |
RENCANA KEPERAWATAN
NO | Dx.Keperawatan | TUJUAN | INTER VENSI | RASIONAL |
1. 2 3 4 | Gangguan pertumbuhan dan perkembangan : komunikasi verbal b.d kerusakan pada otak hemisfer kiri DS: -Ibu mengatakan anak pada usia 1 bulan pernah kejang demam dan dirawat 2 minggu di RS (1 mg dlm keadaan tidak sadar) -Ibu mengatakan anak hanya bisa mengatakan “mam,moh,mi” DO: -Anak tidak pernah menjawab bila ditanya, hanya memalingkan wajah dan diam Gangguan pertumbuhan dan perkembangan: komunikasi verbal b.d stimulus lingkungan yang kurang Resiko terhadap cedera b.d keterbatasan pergerakan lengan kiri dan kaki kiri sekunder terhadap kegagalan perkembangan gerak motorik DS: _Ibu mengatakan anak hanya bisa melangkah 5X dengan cepat lalu jatuh DO: -Lengan kiri ekstensi keluar -Tonus otot 5/4/5/4 Kecemasan orangtua b.d perubahan status kesehatan (developmental delay) DS: -Ibu menanyakan apakah penyakit turunan bisa sembuh - Ibu bertanya apakah ada ke- mungkinan anaknya bisa sembuh DO: -Ibu berulang-ulang menanyakan hal yang sama -Pertanyaan yang diajukan dijawab dengan ragu-ragu | Tujuan : Dalam waktu 1 bulan tidak terdapat gangguan komunikasi lebih lanjut seiring dengan perkembangan anak Kriteria : Amak dapat mengungkapkan kata-kata yang bermanfaat dan memiliki arti Tujuan : Anak akan mampu mengko-munikasikan kebutuhan dan pikirannya. Kriteria : Anak akan memperlihatkan kemampuannya mengeks-peresikan diri. Tujuan : Dalam waktu 1x24 jam anak akan terhindar dari cedera Kriteria : -Tidak terdapat tanda-tanda luka / memar -Orangtua mengungkapkan pentingnya pengamanan untuk mencegah anak cedera Tujuan : Dalam waktu 30 menit, orangtua dapat menerima keadaan putranya Kriteria: Ibu tidak nampak gelisah Ibu dapat menguraikan hal-hal positif yang dapat dikembangkan yang berkaitan dengan keadaan anaknya | Kaji tanda-tanda vital Kaji tingkat pertumbuhan dan perkembangan dengan perangkat DDST Ukur TB,BB dan lingkar lengan kiri Ukur lingkar kepala dan lingkar dada anak Ajarkan dan dukung penggunaan ketrampilan berkomunikasi secara asertif, berikan dorongan untuk memulai suatu percakapan Kolaborasi untuk pemeriksaan CT scan, EEG, EMG Lakukan latihan komunikasikan (satu dua suku kata yang sederhana) secara bertahap. Anjurkan ibu / keluarga untuk selalu mengajak anak berkomunikasi di rumah. Lakukan komunikasi -secara menyeluruh baik verbal maupun non verbal sesuai tingkat perkembangan anak . Identifikasi faktor resiko dari lingkungan anak yang mungkin dapat menyebabkan terjadinya cedera Ajarkan orangtua untuk menjauhkan benda-benda yang dpat mencederai anak trutama saat anak dilatih untuk berjalan Gali kebiasaan komunikasi dan stimulus yang diberikan orangtua kepada anaknya dalam berkomunikasi Terangkan bahwa anak mengalami keterlambatan perkembangan dan dapat diperbaiki secara maksimal dalam batas tertentu denganusaha yang keras dan waktu yang sangat panjang secara kontinyu | Peningkatan tanda-tanda vital dari normal menunjukkan indikasi proses peradangan Mengetahui kesesuaian tugas perkembangan yang dicapai anak dengan tugas-tugas yang seharusnya sudah tercapai sesuai perkembangan usianya. Gambaran dari status gizi anak yang berpengaruh terhadap proses tumbuh kembang anak Perkembangan sel-sel otak dapat diketahui secara refleksi dari ukuran kepala anak. Anak usia>2 tahun lingkar kepala sedikit lebih kecil dari lingkar dada. Pengggunaan teknik komunikasi yang efektif akam menghasilkam penyampaian pesan yang mudah dimengerti Mendeteksi kemungkinan adanya kelainan penyebab gangguan bicara di otak dan untuk memudahkan intervensi selanjutnya Latihan bicara yang sesuai dengan perkem-bangan anak akan menghindari ekplorasi yang berakibat penekanan fungsi mental anak. Berikut sertaan keluraga terhadap perawatan anak secara langsung akan banyak membantu perbaikan. Komunikasi yang kom-preherensif akan meningkatkan stimulus yang di terima anak sehingga memperkuat memori anak terhadap suatu kata. Membantu menetapkan perencanaan terhadap upaya stimulasi untuk mengembangkan kemampuan motorik Permainan tertentu yang mudah bergerak atau bahan yang mudah pecah sangat mudah menyebabkan anak cedera Mengetahui efektifitas dan kemampuan serta usaha yang telah dilakukan orangtua Peningkatkan pemahaman dan kesadaran orangtua untuk bisa menerima keadaan anakmya dan menggali koping yang positif terhadap kemampuan yang ada pada anak. |
Tgl/jam | NO. DX Keperawatan | IMPLEMENTASI | EVALUASI |
09.00 09.30 09.30 10.00 10.15 | 1 2 3 4 | Mengukur TTV: - S: 37 C - N : 96 x/mnt - P : 24 x/mnt Menguku r: - TB : 47 cm - BB : 10 kg - Lingkar kepala : 50 cm - Lingkar lengan kiri : 17 cm - Lingkar dada : 53 cm Mengisi lembar DDST Mengisi kurva TB/BB Mengisi kurva lingkar kepala Memberikan penjelasan tentang perkembangan yang harus sudah dilalui untuk anak usia 3 tahun Memberikan penjelasan tentang perkembangan anaknya dan program pengobatan selanjutnya Melatih anak untuk mengucapkan kata sederhana (Mi-mi, pa-pa, dll) Melatih anak untuk mengucapkan kata yang sederhana Menganjurkan ibu untuk selalu melatih anak bicara dan memanging anak untuk menyebut benda yang diinginkan Mengajarkan anak untuk menyebut mainan secara sederhana Mendiskusikan tentang cara orangtua melatih anak berjalan di rumah: anak diajar berjalan sendiri tanpa bantuan Menjelaskan pentingnya menghindari mainan/bahan yang dapat mencederai anak: . ayunan tanpa pengaman . mobil-mobilan (tanpa pengawasan orangtua) . mainan dari plastik yang mudah pecah Mendiskusikan upaya orangtua melatih anak berkomunikasi : ibu selalu mengajarkan anak menyebut benda di rumah Menganjurkan keluarga agar tidak mengisolasi anak, membiarkan anak bergaul dengan sebaya sehingga ada upaya untuk berlatih bicara Menyarankan ibu untuk sabar dan rajin mengikuti pengobatan dan melakukan latihan di rumah | 25 Julli 2001 S: - O: Anak lebih senzng diam sambil memperhatikan mainan A: Masalah belum teratasi P: . Dorong orangtua untuk melatih anaknya bicara . Berikan feetback positif terhadap usaha yang telah dilakukan orangtua 25 Juli 2001 S: Orangtua mengungkapkan akan berusaha melatih anakmya bicara O: Anak lebih senang diam sambil memperhatikan mainan Anak menuruti perintah mengambil mainan dan memindahkan ke wadah A: Masalah belum teratasi P: Berikan contoh pada orangtua pengucapan kata sederhana dan berarti 25 Juli 2001 S: Orangtua mengungkapkan akan menjaga anaknya saat belajar berjalan dan menjauhkan mainan yang berbahaya O:Tanda-tanda perlukaan (-) A: Masalah teratasi P: - 25 Juli 2001 S: . Ibu mengungkapkan mengerti keadaan anaknya . Ibu mengungkapkan akan selalu melatih anaknya baik bicara maupun pergerakan motorik dengan sabar O: . Ibu nampak tenang .Ibu nampak antusias untuk mengetahuio program terapi yang akan dilaksanakan A: Masalah teratasi P:- |
No comments:
Post a Comment